cahaya 1001 malam

cahaya 1001 malam

8 Dec 2013

Homemade: Telur (ayam) Asin

Telur asin kok dari ayam???
yaaa awalnya saya juga ga menyangka. Apalagi di Indonesia telur asin dibuat dari telur bebek. Saat tinggal di Malaysia dan Singapura pun telur asin dari bebek. Nah di Abu Dhabi ini, harga telur bebek berkali2 lipat mahalnya dari telur ayam. Suatu hari saat searching resep masakan, saya menemukan ada yang membuat dari telur ayam. Wah ilmu baru dan bikinnya juga gampang, jadi langsung saya coba

Ide  dasarnya  saya lihat di myresipi.com ,  atau bisa juga lihat di neckredrecipes. di situ tertulis jelas step2 dan gambar pembuatannya.

ini yang versi saya :

Bahan :

  • Telur ayam  size L 5 biji 
  • Garam 5 sdm  (munjung)
  • air 
  • wadah plastik ( sy pake container biokips 900 ml)
Pembuatan :
  • garam dilarutkan dengan air panas, biarkan sampai benar2 dingin.
  • susun telur di wadah, tuang larutan garam, tambahkan air sampai telur terendam semua.
  • tutup rapat, simpan selama 2 minggu, 


Note : 
  • Karena tidak ingin terlalu asin, garamnya saya cuma kasi 5 sendok munjung dan saat 10 hari udah saya panen. Kalau mau asin, proporsi garam ditambah dan simpan lebih lama. 
  • Pastikan telur terendam semua. Kalau telurnya mengapung, bagian atas wadah beri pemberat 
  • Gunakan telur ayam yang berkulit putih (kaya poto), karena jenis ini kulitnya lebih tipis jadi gampang menyerap. 
  • Gunakan telur yg besar, agar kuningnya dapat yang gede :D
selamat mencoba.......

No comments:

Post a Comment